Share!

Cara Belajar Empathy

Cara memperkuat empathy, merasakan hal yang dirasakan oleh orang lainSetiap manusia memiliki kemampuan untuk mengetahui suasana dan perasaan orang lain yang dekat dengan dirinya, walau feeling itu seringkali sangat tipis, secara psikologis hal ini disebut dengan empati. Dengan cara tertentu, setiap manusia dapat memperkuat kekuatan empati ini.


Bahkan saat kita telah mencapai level tinggi dari kemampuan empati, kita dapat mengetahui hal-hal yang dirasakan kelima indera orang lain. Misal saat teman kita mendengarkan lagu menggunakan headset, entah bagaimana kita dapat mendengarkannya di telinga kita.

Cara belajar:
Ajaklah teman terdekat anda atau pacar anda untuk latihan memperkuat empati. Siapkan 3 benda, misal daun, uang logam dan kertas.
1. Untuk sejenak tenangkanlah pikiran anda, jika pikiran anda masih belum bisa tenang, sebaiknya jangan lakukan dulu dan tunggu waktu yang tepat
2. Anda dengan teman/pasangan anda, duduklah saling membelakangi dengan punggung saling menyentuh, di depan pasangan anda terdapat 3 benda yang telah disiapkan
3. Suruhlah dia memegang (boleh juga menggenggam) salah satu dari 3 benda itu
4. Jika sudah, ajaklah dia untuk memejamkan mata dan memfokuskan perhatian ke benda yang ia pegang
5. Posisikan tangan anda juga memegang/menggenggam seperti yang dilakukan pasangan anda, setelah itu cobalah fokus ke diri anda dan pasangan anda, tarik nafas dengan rileks, lalu hembuskan
6. Sekarang pejamkan mata anda, dan arahkan fokus anda lebih dalam, tepatnya pada energi yang terdapat pada diri anda dan pasangan anda
7. Visualisasikan energi pasangan anda mengalir ke dalam diri anda melalui punggung, anda dapat memvisualisasikan energi tersebut misalnya berupa hawa kehangatan
8. Jauh lebih fokus lagi, visualisasikan lebih jelas lagi, rasakan energi itu mengisi diri anda dan bercampur dengan energi anda
9. Visualisasikan energi itu merata ke seluruh tubuh anda hingga ke ujung jari
10. Anda pasti bisa merasakannya di tangan anda

Tips: Jika anda sudah menguasai telepati dan empati, ada kemungkinan anda dapat membaca pikiran orang lain.
Like this article? please make a donation

10 comments

SasuSakuFC

PERTAMAX
Wow ada yang keren lagi nih.Kayaknya sih gampang,tapi entahlah,harus coba dulu.
Oh ya,mau tanya nih.Belakangan ini aku tuh sering ngucapin hal-hal yang mau di ucapin sama temen aku.
Misalnya,temenku mau ngucapin "Akang".Aku selalu ngedahuluin dia ngucapin kata itu,padahal aku nggak tau sama sekali kalau itu adalah kata yang mau dia ucapin.
Kalau boleh tau,itu namanya apa ya?

Anonymous

aku Ady :
Cara berkonsentrasi tinggi gmn sih??

Anonymous

update lagi dong

Anonymous

no koment

mureal28

wah keren tapi kalo temen kita sakit parah kita juga ikut donk

Anonymous

kalau saat ulangan,,,temen kita memikirkan jawaban,,kita juga ikutan tau dong,

Bagus Akbar

ane mash ragu nih ,kinesis itu emang bener ada ye?

Anonymous

Saya ngga tau kinesis itu sebenarnya ada ataukah tidak ada. Yang saya tau, kita benar-benar bisa melakukan hal-hal yang mustahil (baca: ajaib) dengan mengontrol keadaan bawah sadar dan sugesti. Untuk itu diperlukan tingkat konsentrasi tinggi. Kunci dasar melakukannya hanyalah: percaya. Percaya pada kemampuan anda sendiri, percaya dan terbuka pada diri anda sendiri, dan percaya bahwa apa yang anda inginkan itu nyata.

Untuk indera ke-6 sendiri, itu ada. Memang tidak nampak. Kalau tidak percaya cobalah cari di Google: Trepanation.

Trepanation adalah sebuah operasi melubangi tengkorak sebesar kelereng, tapi tidak melukai otak sedikitpun, setelah operasi selesai, keadaan otak kita kembali ke keadaan awal (baca: anak-anak) pada dasarnya tengkorak manusia itu berlubang. Tapi seiring dengan bertambahnya umur, lubang dan retakannya perlahan-lahan menutup. Itulah mengapa imaginasi seorang anak lebih kuat daripada orang dewasa. Itulah mengapa seorang anak dapat melihat sesuatu yang tidak bisa dilihat orang dewasa. Seperti yang saya katakan: percaya. Anak-anak percaya pada sesuatu yang dilihat dan dirasakannya.

Melakukan Trepanation, berarti kita telah membuka lubang agar indera ke-6 kita bisa menangkap segala sesuatunya dengan lebih jelas.

Ada beberapa kasus orang yang setelah melakukan trepanation, dapat melihat roh-roh halus, mendengar apa yang tidak bisa didengarkan, sampai melihat wujud homonculus seseorang.

Tapi, saya sarankan jangan dilakukan, karena ada juga beberapa kasus seseorang yang tidak bisa menerima kenyataan. Anda taulah bagaimana jika sesuatu yang tidak anda percaya tiba-tiba muncul di hadapan anda. Ada juga beberapa kasus orang bunuh diri karenanya.

Mengapa bunuh diri? Pada dasarnya orang dewasa kadang terlalu realistis, berani mencoba, tapi takut dengan hasil yang tidak dapat ia terima dengan akal sehat.

Trepanation itu adalah operasi yang sangat berbahaya. Saya sarankan jangan dilakukan, karena hasilnya BISA lebih tidak masuk akal dari apa yang kita pikirkan. Saya hanya menjabarkan, agar pada orang-orang yang tidak percaya adanya indera ke-6 mereka sbenarnya ada. Tapi tidak memiliki wijud seperti ke-5 indera lainnya.

Operasi ini belum ada di Indonesia :)

Lyn Dan

Fokus apa hanya pada yg dipikirkan *imho

Lyn Dan

Fokus apa hanya pada yg dipikirkan *imho