Share!

Cara Belajar Lucid Dreaming

Cara mengendalikan mimpi (memasuki level lucid dreaming), mimpi yang terlihat nyata, menuju dimensi astralLucid dreaming merupakan pengalaman dalam mimpi yang sangat seru, mimpi yang terlihat nyata, di sana anda merasakan kesenangan, keindahan, anda dapat mengendalikan mimpi anda sendiri. Berada di atas awan, terjun dari langit, suasana kelembutan, so calm and ethereal.


Cara belajar:
1. Setiap bangun tidur pagi, tulis mimpi anda di buku catatan mimpi, tulis sebanyak-banyaknya yang anda ingat. Saat siang, bacalah lagi mimpimu yang kamu tulis tadi pagi, lalu ingatlah gambarannya. Tips: taruh buku mimpi dan bolpoin di dekat tempat tidur.

2. Lompatlah, jika suatu saat anda bisa melayang saat melompat, maka anda sedang berada di alam mimpi dan mulai saat itu anda bisa 'mengendalikan' mimpimu sendiri. Itulah yang dinamakan lucid dreaming.

Lucid dreaming akan mengarah ke astral projection, bisa dikatakan ini termasuk salah satu cara untuk melakukan astral projection.
Like this article? please make a donation

68 comments

TopEx

i love it...... :u:

Nite

wahh , aku pernah gitu gan .. dulu sering malah .
ngendaliin mimpi emang seru sumpah . tapi sekarang udah jarang* kaya gitu lagi . malah jarang* saya sekarang bermimpi . :D

dulu pernah lompat dan terbang saya di sekolah smp .
aku yakin kalo itu mimpi jadi aku coba* .
kuncinya kita harus tau kalo itu mimpi dan kita harus berani ya kan gan :D

TopEx

iya benar, wah tapi sayang sekali udah jarang......... pas lucid dreaming imaginasikan tempat fantasi, seru, aku pernah berada di tempat seperti video ini http://www.ea.com/videos/ff2a7bfc833ff110VgnVCM100000ab65140aRCRD di dalam mimpiku..... :i:

Anonymous

Bisa gan :D

TopEx

sip gan :D

Anonymous

Tanya gan ane sama sekali gak mimpi gimanakah? lepas dari smp we ud gak perna lagi ngerasain yg namanya mimpi

TopEx

tunggu aja, suatu saat mimpi....
mungkin aja kamu sebenarnya mimpi, tapi begitu bangun cepet lupa
apalagi lepas smp gak mimpi itu gak normal <-- bagi laki :c:

KinE

Seriusan gan, ane ud tny ke beberapa orang, jawaban paling logis dari kawan2 ane nak kedokteran mereka merespon klu ku cm tidur terlalu capek? tp masa tiap malm gak bisa mimpi? mimpi kaya rasanya apa yach gan?

TopEx

iya, mungkin kamu tidur pas ngantuk banget, jadi gak mimpi... :g:

Anonymous

gan kira2 jam berapa ya..

saya bermimpi tentang peperangan ..

Anonymous

gan maksud'a melayang saat lompat..
Maksud'a apa

TopEx

@Anonymous
biasanya mimpi yang paling kita ingat itu yang paling terakhir, saat pagi sekitar jam 3-4, tapi sebenarnya malam pun kita mimpi

tulis aja semuanya yang kamu ingat, kalau kelamaan keburu banyak yg lupa

@Anonymous
Kalau lompat, trus tiba2 kita terbang, kan bukan nyata, berarti kita sedang di alam mimpi, tinggal kendalikan aja mimpimu

Keitaro3660

masalahnya, pas mimpi itu kita serasa "nonton TV". tau2 bangun deh.
gw sih sering inget mimpi2 gw walo samar2.
(gak pernah di tulis sih)
tp seaneh apapun mimpi gw (dikejar alien/dinosaurus misalnya) gw gak pernah SADAR kalo gw lg bermimpi wkwk
suram eui

TopEx

makanya itu, "se tidak masuk akal" apapun yang dialami dalam mimpi, jarang orang sadar kalau dia lg bermimpi, suram.....
makanya perlu membiasakan, kalau ada kejadian aneh lempar aja batu ke atas, kalau batu itu terbang berarti kita sedang mimpi ;p

Henry

huh, wa malahan, mimpiny yg suram2 smua
kek sekolah kebakaran, kapal tenggelam,
pas sadar itu mimpi lngsng bangun pula :(

inya

dulu ak sering banget ngerasa sadar melayang2 di dalam mimpi dan ngeliat badanku lg beraktfitas d mimpi itu.
kalo nggak ya ak ngejalanin mimpi itu semauku, atau kyk beraktifitas seperti biasa tapi didalam mimpi2 tertentu.

kadang2 agak ngeri sih yg beraktifitas d dalam mimpi itu kbanyakan ktemu kakek/nenek yg uda ngga ada.. dan kyk ngasi pesen2 tertentu :s: . lgsng deh stlh mimpi nenek (dr ayah) sekali ama kakek (dr ibu)sekali,nyekar ke makam mrk :m:

yg ak alami bner ya lucid dreaming? :b:

Panji Adnan Coersea

makasud nya loncat,, loncat dari mane??? dari tempat ridur ke bawah?? kalo tiba2 langsung ada efek dreaming nya truss jatoh gak sadar mati gimana?? jawab ya omm

Anonymous

ooMMM....

prnah nnoton film inception gak???

nah klo itu gmna??
:g:

syamsy

gan ... , ane pas sadar klo itu mimpi malah kebangun terus dari mimpi ... ,

ada saran ndak ... ???

Anonymous

wah pantesan kalo lagi ketindihan, saya buka mata dan memang agaknya bisa melihat dunia nyata, dan ketika saya sadar saya sedang mimpi saya selalu merasa ketindihan, kalo saya niatin terbang, maka saya terbang, cuma anehnya sedikit2 saya masih bisa ngerasa bahwa tubuh saya masih berbaring di tempat tidur.

Hikaru Xifos

Hoho... Sukses... XD

Anonymous

gan boleh minta fb nya gak

irza

ada tips biar mimpi ngak ._.
abis susah ingat klo abis mimpi :l:
:p: rsaanya tidur cuma tidur ngak mimpi apa pun :l:

Adhie Whienaatha

@irza : Kalau Mau tidur rilexin badan aja selama 3 menit udah deh tidur selamat menikmati :g:

Adi (Co-Admin)

Tips mengingat mimpi by KASKUS
Dream Journal dengan Dream Recall (Mengingat Mimpi)
saat bangun mending jangan gerak badan dulu terus usaha inget mimpi kalian aja pasti inget deh :D

Adi (Co-Admin)

Ada 2 jalur Induksi sebenarnya Lucid Dream itu
DILD = Dream Induce Lucid Dream
WILD = Wake Induce Lucid Dream
Ingin lebih tau banyak kirim pesan FB ke www.facebook.com/adi43edan

bolehjuga

gan sleep paralyze tu brp lama gan?? ane td pagi sleep paralyze,, brasa pgen kluar dri tbuh tp g bs2 ampe 3x gan...
trus ane kya brasa dah kluar tp ane kpusingan, smpoyongan ma pandangan kabur gann..


trus ane berontak... akhrnya bangun gannn

mhon pencerahan gan :g:

bolehjuga

gan reply dong gan...

:f: :g:

Anonymous

gann

Adi (Co-Admin)

@bolehjuga tergantung sih gan tapi intinya agan harus tenang
@Anonymous Apa?

Adi (Co-Admin)

Tanya saya aja kalau gak tau tentang LD :k: :j: IMBA!!!

Anonymous

saya penah keluar masuk mimpi,tahu diri mimpi,buat mimpi dan meraga sukma..tp skg udah jarang bub kurang meditasi..

Anonymous

Makanya sebelum tidur baca doa biar ga mimpi.... hahahahah... :l:

nycxo

dulu sebelum nikah sering jg bos nerusin mimpi yang terputus, ngendaliin mimpi, tapi klo meraga sukma ma.. blum pernah bisa soale takut gak kembali he...

Anonymous

Mau tanya dong. Tadi masa kan aku abis tidur siang bangun menjelang asar gitu dan tidur lagi (kebo banget ya hehe) terus tau-tau meniatkan diri untuk Lucid Dream, nah masa tau-tau kesedot gitu sama cahaya ungu item dan ada suara berisik. Terus akhirnya bisa ngeliat keadaan kamar dengan jelas setelah buka mata. Tapi waktu aku melangkah untuk bangun dari tempat tidur itu badan aku kayak efek blur gitu ya. Tapi aku coba berkali-kali aku bisa bangun dan ngerasa itu sangat-sangat nyata dan ke ruang tamu, tapi nggak kayak astral aku nggak bisa ngeliat tubuh asli aku sendiri. Tapi dibilang lucid dream sendiri aku nggak yakin, soalnya nggak kayak mimpi. Mohon bantuannya dijawab pertanyaanku itu Lucid Dream atau Astral? Pingin tau banget,banget nih. Thanks :D

Anonymous

LONCAT di mimpi atau di dunia nyata

Anonymous

saya sering gan... tapi kebawa imajinasi negatif terus (ngelihat yang seram, disiksa, dianiaya, dsb) dan itu saya tau kalau saya yang ngendaliin

cara ngilanginnya gimanaa? :(

Anonymous

apa ada hubungannya dengan deja vu gan?

Anonymous

Wah kalau ini aq sering lakuin hampir setiap tidur. soalnya setiap tidur walaupun hanya 5 menit aq pasti mimpi.. kayaknya belum pernah aq tidur tidak bermimpi..

Dzan Koemar Ramadhan

ka.. kalo mimpinya Hitam terus gimana tuh?

GM-PLC

@up sama dong :)

Gilang_27

wah....
lebih gampang dari astral projection nih...!!
:)
:u:

fayiz

gw aja bingung gan ...
gk tau astral project ...
tapi kalo nyambung mimpi yg terputus gw bisa ...
hehehe tapi cuma' sebentar aje ...
asal mau LD gw nya gk sadar tba² udah bangun ...

cara ngendalikan nya itu gmana ...?

Anonymous

mas, 2 tahun ini aku baru tau kalo itu lucid dream namanya..aku ngalamin dari sd..sampe aku punya daerah daerah favorit dalam mimpi. aku juga sering tindihan dulu..
aku mau tanya apa mimpi itu ada jenisnya? soalnya kadang aku mimpi yang seperti biasanya, dan kadang mimpi yang nyata...maksudnya segala apapun yang kusentuh itu nyata banget dikulit..dua duanya aku sadar dalam mimpi.
beberapa waktu ni aku berusaha baca sesuatu pas sadar pas mimpi, pas udah nemu yang mau dibaca...malah ga bisa baca karna hurufnya berubah rubah terus dan ketika berhasil baca satu kata baca kata selanjutnya malah lupa kata sebelumnya...hehe kurang kerjaan banget ya aku..

Gilang Cii Brandalzz

Susah bangat nih....

my blog

Masalahnya mimpi ane terlalu cepet gx nyampe 1 menit,padahal sebenernya ane dah ngerti cara LD,tanda"nya ane pas tidur denger suara berdengung trus terasa terjun dari jurang,trus ane bisa LD,masalahnya mimpi ane cuma 1 menit

dyan vanessa

Bagaimana kalau mimpi itu terlihat nyata, seakan aku berada di alam nyata?
Dan aku bisa melihat wajah-wajah baru dengan jelas dari alam mimpiku, apa itu bisa dikendalikan dengan LD?

GM.ARTHUS

Aq malah udah terbiasa dg Lucid Dreaming, sering malah! Selama aq Sadar dlm Mimpiq maka Lompatlah, jika Lompatanq berhasil biasanya langsung Melayang ga ketarik dg Gravitasi lg, Terbang deh (kayak Sephiroth FFVIIACC), malahan aq punya Petualangan sendiri didlm LDq, menjadi Diri sendiri sbg seorang IMBA Master, kelihatannya kayak Mimpi tp terasa sgt Nyata! Didlm LDq sekarang udah nyampe pd bagian yg sgt seru, yg mana diriq telah menguasai Sharingan Lv.4 (4 Titik Hitam) dan jg telah memiliki Teknik Psi Ball hasil Kreasi sendiri, yaitu Teknik yg pd versi Naruto, Kakashi tdk sanggup memasukan Chidori kedlm Rasengan (Rasen-Chidori), Daya hancurnya setara dg Rasen-Shuriken miliknya Naruto! Tampak Keren dan Narsis ya?! Namun pd Intinya didlm LD, kita emang2 benar2 bisa mengendalikan semuanya, jd jika msh ada yg takut dg Astral Projection, msh ada Lucid Dreaming yg ga kalah menyenangkannya !!!

Dayat Perkasa

iya keren, kalo misal nya wakt kita ndak suka suasana mimpinya, qt bs rubah suasana...
misalkan pngen di pantai, qt hentak kan kaki...
langsung dech pindah di pantai...

seerruuuu . . . . . .

fahmi17

gan saya pernah mimpi ketika saya mimpi,
itu maksudnya apa ya gan???
:b:

Anonymous

ane doni mas yg dulu tea...

gila lah gwe jga bisa, tpi kmaren gk sengaja mimpinya,bisa di kendaliin lgi..
bru sebentar malahh bangubn..:(
asliinya nih gwe..

zulfikri.sani

Gan saya pernah ngalamin mimpi.a jadi kenyataan maksud.a, yang terjadi dimimpi terjadi di alam nyata

Anonymous

Pernah aku mimpi seperti ini, kan aku sama ortu ku naik mobil hampir masuk jurang terus aku lompat tapi gak terbang, terus karena takut tak pikirin tempat spa jadilah aku sama orang tuaku di tempat spa... asyik" gak bayar lagi

nicko darmawan

ane malah udh bisa gan,dri dlu mmg ane mempelajari lucid dreams n astral projection,,,
sumpah enak bnget gak smpe2 maaf ckap ane gtuan sm myabi hehehehhehe enaakkkkk!!!!

Anonymous

waktu ngendaliin mimpi...

pasti gak lama lagi ane dibangunin ortu >,<

Anonymous

gan mau nanya maksudnya langsung loncat tuh gimana ?? pas kita udah baca lalu tertidur apa belum ?? tulis mimpinya yg udah terjadi apa yg akan terjadi ?? maaf banyak nanya anak lugu ane

gres

ada yang lain selain lucid dreaming

Anonymous

gan kalau ane bisanya keluar dari mimpi.
jadi pas lagi mimpi ane tau ini mimpi terus ane mau bangun jadilah bangun. ini udah sering ane praktekin gan percaya ga percaya. kalau itu termasuk lucid dreaming juga ya?

Berli Mistis

saya jarang mimpi di mimpi suka item semua kaya g ada apa apa kalo ada juga g bisa kaya gitu nanti saya coba ah di rumah

Muhammad Roychan Meliaz

Mas TOPex.. Saya mau nanya...

Saya tertarik nih dengan yang namanya Lucid Dream.
Tapi saya mau nanya..

Lucid dream ini yang efek samping atau bahayanya gak?
Trus cara bangun dari lucid dream ini gimana? karna kan yang mengatur mimpi itu kita sendiri...

Jadi gimana Tuh?

Tolong dijawab ya...

calsford

ni cara yg biasa ku pakai...
Tanpa sengaja nemunya..dulu tkut nyawa melayang ato ruh nya ga kembali,tp ternyata aman yah...
Sblum tdur pejamkan mata,bayangkan kamu tdur d atas bambu,besi tali ato apa aja lah yg tepat d tgah tlg pggung qta...
Pda step ni pasti kalian mrasa jatuh ke samping kanan ato ke kiri,pasti qta pnya reflek kan,...
Nah klo udah gt qt byangin seoalah2 bambu ato besi yg qt buat tdur td brgerak ke atas kebwah kaki dan kepala seolah2 naik trun kyak ayunan gt...
Biasanya aku bisa mimpi melayang,hebat nya slain terbang cpat ke manapun qt jg bs spt cicak bisa nempel d atap,.dan qt punya kontrol penuh,pernah aku mrasakan spt supermen terbang d atas tmpat krjku...asyik dah pkoknya.

Rizky

kmrn ak mimpi ni...
(lg seru" ny)ak sdar ak lg d alam mimpi...
tpi pas akk loncat bkn ny mlayang, tpi astral dlm tbuh ku yg mw kluar dri tbuh ku...
itu knp sih gan ?

Anonymous

akhir-akhir ini sih sering gan tapi kok mimpinya paling cuma 3 menit atau 5 menit yang terkendali setelah itu langsung bangun tidur .. jadi ga lama -_- apa musti bergadang dulu apa ?

Anonymous

gan,ak sering sadar wktu lg mimpi, tp jarang bgt bisa ngendaliinnya,tuch knapa ya gan?

Anonymous

kayak pernah ku kendaliin mimpi langit jadi aneh dll

Fikri Adinata Arsyid

wah keren tuh gan

Muhammad Winson

mas gua bingung dengan cara yang ke-2 maksudnya lompat itu gimana sih? lompat beneran atau pas tidur sambil dibayangin?

Anonymous

tiap ane Lucid dreaming selalu ngarah ke xxx wkwk nyebelin juga kadang2, jd ngga bisa ngendaliin pengen mimpi yg laen
gan apa Lucid dreaming itu berlangsung cepet bgt? soalnya ane ngerasa baru ngelakuin sesuatu blm kelar, eh tiba2 udah bangun aja
trus ane juga barutau kalo bisa diteruskan sama yg namanya AP, itu caranya gimana ya?
apakah kalo AP itu kita jalan2 di dunia nyata? banyak comment2 di halaman sebelah bilang ketika kita sedang AP itu kita melihat oranglain jg, apakah oranglain itu nyata atau hanya ilusi?